JUAL BELI

Jual Beli

Setiap keluarga mempunyai kebutuhan. Kebutuhan tersebut antara lain adalah makanan, pakaian, dan kebutuhan hidup lainnya. Untuk mendapatkan semua kebutuhan kita harus berbelanja.Tempat-tempat perbelanjaan antara lain warung, toko, dan pasar. Di pasar banyak pedagang yang menjual kebutuhan sehari-hari yang kita butuhkan. Orang yang tinggal di dekat pasar pun dapat menambah penghasilan mereka. Misalnya, membuka titipan sepeda, menjual makanan dan minuman, atau menjadi kuli angkut barang.

1. Macam-Macam Tempat Kegiatan Jual Beli

Tempat terjadinya kegiatan jual beli, antara lain di warung, toko-toko, dan pasar, baik pasar tradisional maupun pasar swalayan. Berikut adalah tempat-tempat kegiatan jual beli.
a. Warung
Warung adalah tempat untuk menjual dan membeli barang kebutuhan sehari-hari. Contohnya, beras, minyak, gula, kopi, teh, sayur-sayuran, sabun, pasta gigi, sampo, dan berbagai keperluan hidup lainnya. Warung biasanya terdapat di rumah-rumah. Barang-barang yang dijual juga hanya sedikit dan harganya kadang boleh ditawar. Dapatkah kamu menyebutkan warung siapa saja yang ada di lingkungan tempat tinggalmu?
b. Toko


Pernahkah kamu diajak ayah atau ibumu pergi ke toko? Membeli apa saja kamu di toko tersebut? Barang yang dijual di toko biasanya lebih banyak daripada di warung. Sekarang ada toko yang khusus menjual satu macam kebutuhan saja. Misalnya, toko beras, sepatu, pakaian, alat listrik, dan mainan. Harga barang di toko sudah ditetapkan dan tidak boleh ditawar. Di toko kita bisa memilih barang dengan bebas dan membayar sesuai dengan harga yang telah ditetapkan. Rudi ingin membeli mainan. Ia pergi ke toko mainan Ceria. Di toko itu banyak tersedia bermacam-macam mainan. Dari yang harganya murah sampai yang mahal. Rini juga membeli boneka di toko Ceria. Di manakah ayahmu akan membeli bahan-bahan bangunan untuk membuat atau memperbaiki rumah? Untuk membeli bahan-bahan bangunan, orang harus pergi ke toko bahan bangunan. Di sana semua keperluan untuk membuat dan memperbaiki rumah tersedia. Contohnya, pasir, semen, paku, amplas, kayu, dan masih banyak lagi alat dan bahan bangunan yang dijual di sana. Toko Murah menjual berbagai macam besi dan bahan bangunan lainnya.Toko ini ramai dikunjungi pembeli yang akan membeli perlengkapan bangunan. Selain berbagai jenis toko yang disebutkan di atas, ada lagi toko yang sangat besar. Pembelinya dapat mengambil sendiri barang-barang yang akan dibelinya. Tempatnya juga nyaman. Bahkan ada tempat untuk bermain. Toko ini disebut swalayan.
c. Pasar
Adakah pasar di dekat rumahmu? Pernahkah kamu pergi ke pasar? Ada apa saja di sana? Pasar merupakan tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli. Semua kebutuhan sehari-hari tersedia di pasar. Di pasar banyak terdapat kios-kios yang menjual berbagai macam barang. Ada kios yang khusus menjual sayuran, daging sapi, daging ayam, buah, sembako, dan masih banyak lagi barang-barang yang dijual di pasar. Di pasar kita dapat memilih dan menawar barang yang akan kita beli, sehingga kita dapat membeli kebutuhan kita dengan harga yang lebih murah.
d. Supermarket
Supermarket adalah toko yang pembelinya dapat memilih dan mengambil barang yang ingin dibeli. Barang-barang di supermarket tidak bisa ditawar. Persediaan barang di supermarket lebih banyak dan lebih lengkap dibanding toko biasa. Setelah mengambil barang-barang yang dibutuhkan, pembeli membawanya ke kasir. Kasir akan menghitung jumlah barang yang dibeli dan menyebutkan jumlah harga yang harus dibayar oleh pembeli. Untuk mengatasi antrian yang panjang, biasanya disediakan beberapa tempat pembayaran di supermarket. Tempat pembelanjaan di supermarket dibuat nyaman. Ruangannya diberi penyejuk udara atau AC. Di supermarket juga dilengkapi dengan arena permainan anak dan kantin.

2. Barang Kebutuhan Sehari-Hari

Kita hidup membutuhkan berbagai macam barang. Misalnya, kebutuhan untuk makan. Makan merupakan kebutuhan pokok. Kita memerlukan nasi yang berasal dari beras. Kita juga memerlukan sayuran, telur, daging, ikan, tahu, dan tempe untuk lauk pauk. Untuk membersihkan badan kita perlu mandi. Untuk mandi kita membutuhkan sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi. Sabun mandi untuk membersihkan badan. Sikat gigi dan pasta gigi berguna untuk membersihkan gigi dari kuman penyakit, dan sampo untuk mencuci rambut. Ibu berbelanja ke pasar. Ibu membeli kebutuhan sehari-hari. Ada beras, gula pasir, teh, kopi, susu, minyak goreng, telur, daging, ikan, dan sampo. Ibu juga membeli sayuran dan buahbuahan. Ada bayam, wortel, kacang, buncis, kangkung dan terung. Ada juga buah-buahan, seperti pepaya, mangga, nanas, apel, dan sebagainya. Ibu juga membeli keperluan bumbu dapur, seperti garam, gula merah, merica, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Perhatikan contoh kebutuhan pokok sehari-hari berikut!


B. Menceritakan Kegiatan Jual Beli

Kegiatan jual beli sudah ada sejak dahulu. Tetapi kegiatan jual beli pada zaman dahulu berbeda dengan kegiatan jual beli sekarang ini. Dahulu para pembeli tidak memakai uang untuk membeli barang. Tetapi mereka saling tukar-menukar barang dengan orang lain.

Perhatikan contoh berikut! Bu Siti mempunyai seekor ayam dan Pak Dirman mempunyai 1 kg beras. Bu Siti memerlukan beras dan Pak Dirman memerlukan ayam. Keduanya sepakat untuk menukar ayam dengan beras. Akhirnya Bu Siti mendapatkan beras yang dibutuhkan dan Pak Dirman mendapatkan ayam yang diinginkannya. Kegiatan tukar menukar barang tersebut dinamakan barter. Pada zaman sekarang kegiatan jual beli dilakukan dengan alat yang dinamakan uang. Perhatikan contoh berikut! Bu Hadi pergi ke pasar. Bu Hadi hendak berbelanja membeli keperluan hidupnya sehari-hari. Bu Hadi membeli sayuran.

Ia memilih sayuran yang segar. Antara Bu Hadi dan penjual terjadi tawar menawar hingga terjadi kesepakatan harga. Bu Hadi senang dengan sayur yang dibeli. Penjual juga senang dengan harga yang disepakati. Bu Hadi membayar dengan uang. Uang tersebut dibayarkan langsung kepada penjual sayuran. Jika berbelanja di pasar swalayan, pembeli dapat memilih dan mengambil barang sendiri. Harga barang sudah tercantum pada label atau bungkus barang. Pembeli tidak dapat menawar harga. Semua barang yang dibeli dibayar di tempat pembayaran atau kasir. Pegawai kasir akan menghitung berapa jumlah uang yang harus kita bayar. Setelah membayar sesuai dengan jumlahnya, pegawai kasir akan memberikan barang yang sudah kita beli. Rambut Rudi sudah panjang. Ayah mengantar Rudi ke tukang cukur. Rambut Rudi dicukur dan dirapikan oleh tukang cukur. Selesai dicukur, Ayah Rudi membayar ongkos cukurnya. Tukang cukur itu menjual jasa dan mendapatkan imbalan berupa uang.

Ibu membeli kain di toko kain. Kain itu dijahitkan ke tukang jahit. Seminggu kemudian kain itu telah selesai dijahit. Ibu mengambilnya dan membayar ongkos jahitan. Tukang jahit itu menjual jasa terima jahitan, dan mendapatkan imbalan berupa uang.




C. Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah

Kegiatan jual beli selain yang ada di pasar, warung, dan toko seperti yang sudah diuraikan di atas ada juga kegiatan jual beli yang ada di sekolah. Kegiatan jual beli yang ada di sekolah, antara lain koperasi dan kantin sekolah.

1. Koperasi Sekolah

Di sekolah biasanya ada koperasi sekolah. Koperasi sekolah menjual berbagai keperluan dan perlengkapan sekolah seperti buku, pensil, penggaris, penghapus, dan lain-lain. Harga barang yang dijual di koperasi biasanya lebih murah atau sama dengan harga di pasar. Kita bisa membeli perlengkapan sekolah yang kita perlukan di koperasi sekolah.

2. Kantin Sekolah

Selain koperasi, di sekolah juga ada kantin. Kantin ini menjual berbagai macam makanan. Bila istirahat tiba, kita bisa membeli makanan dan minuman di kantin. Jadi, kita tidak perlu membeli jajanan di luar sekolah. Biasanya makanan atau jajanan yang dijual di kantin sekolah lebih sehat. Makanan yang dijual dikantin sekolah selalu di bungkus dengan plastik atau ditutupi, sehingga lebih terjamin kebersihannya.


Sebaiknya bila membeli jajanan pilihlah yang dibungkus plastik atau jajanan yang ditempatkan dalam wadah yang tertutup. Hal ini untuk menjaga agar makanan tidak dihinggapi lalat. Makanan yang dihinggapi lalat bisa menyebabkan sakit perut. Jadi, kamu harus hati-hati dalam memilih atau membeli makanan.

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 

Kumpulan Buku SD BSE

http://ian43.wordpress.com/kumpulan-buku-sd-bse/

JUST FOR YOU

I hope that this website will give you that welcomed feeling when you study. There is information here that will help you to study hard. Let's to study guys !!!!

Translate

Share It

Blogroll

About

KELAS 3 © 2012 | Template By Jasriman Sukri